Wednesday, August 26, 2015

Sistem Administrasi Negara (definisi)


jadi ceritanya gini, kuliah hari ke 2 ya kelas pasca sarjana, hari itu materinya SANKRI. kebetulan dosennya menurutku sangat berkompeten lah, karna maklum masih kelas baru dan walaupun orang-orang di ruangan kelas itu adalah mahasiswa yang udah pada kerja di instansi tertentu, gak luput lah ya dari perasaan malu. jadi, untuk ngejawab pertanyaan dosen aja masih pada canggung. makanya, dosen meminta untuk megetik dan menbaca baik-baik definisi sistem, administrasi, dan sistem administrasi negara. nah, berikut ulasannya. selamat membaca ! hehe

25 DEFINISI SISTEM

1.   Sistem Menurut  Arifin Rahman | Sistem adalam Webster New Collegiate Dictionary bahwa terdapat kata "syn" dan "Histanai" yang berasal dari bahasa Yunani berarti menempatkan bersama. Bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan pendapat pendapat, (collection of opinions), prinsip prinsip (principles), dan lain lain yang membentuk suatu kesatuan yang berhubung hubungan satu sama lain.

2.   Sistem menurut Ludwig von Bertallanffy |  Bahwa sistem adalah sekumpulan unsur unsur yang berada dalam keadaan yang berinteraksi.

3.   Sistem berdasarkan A.Hall dan R. Fagen | bahwa pengertian sistem adalah sekumpulan objek, yang mencakup hubungan diantara objek tersebut (understanding of the system is a set of objects, which includes the relationship between the object), serta hubungan antara sifat yang mereka miliki (the relationship between their properties).

4.   Sistem menurut Colin Cherry | Bahwa sistem adalah suatu keseluruhan yang dibentuk dari banyak bagian_suatu assambel dari berbagai macam sifat dan bagian bagian tersebut.

5.   Sistem menurut Pamudji | bahwa sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisir (An overall roundness or complex or organized), suatu himpunan atau perpaduan hal hal atau bagian bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks dan utuh ((a set or mix of things or parts forming part of a roundness or complex whole and intact)). Suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh, dimana didalamnya terdapat komponen komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tersendiri (A determination or unified whole, in which there are components which in turn is a separate system) yang memiliki fungsi masing masing yang saling berhubungan satu dengan lainnya menurut pola, tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan (has the function of each are interconnected to one another according to a pattern, system or certain norms in order to achieve a goal.).

6.   Sistem menurut Prajudi bahwa pengertian sistem adalah suatu jaringan dari prosedur prosedur yang berkaitan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dan suatu usaha ataupun urusan.

7.   Sistem menurut W.J.S. Poerwadarminta | bahwa sistem adalah sekelompok bagian bagian atau alat dan sebagainya yang bekerja bersama sama untuk melakukan sesuatu maksud.

8.   Sistem menurut Sumantri | bahwa sistem adalah sekelompok bagian bagian yang bekerja bersama sama untuk melakukan suatu maksud. Bila terjadi kerusakan terhadap salah satu bagian maka sistem atau seluruh bagian tidak akan dapat menjalankan tugasnya sepenuhnya. Dengan kata lain, maksud yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi atau setidak tidaknya sistem yang telah terwujud akan mendapat gangguan.

9.   Sistem menurut Musanef | bahwa Sistem adalah suatu sarana yang menguasai keadaan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat diatur, dan sistem adalah suatu tatanan dari hal

10. Sistem menurut Gordon B. Davis, adalah Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran dan maksud


11. Sistem menurut Salisbury, adalah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.


12. Sistem Menurut John Mc Manama, adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.


13. Sistem Menurut Indrajid, Sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.


14. Sistem Menurut  Andri Kristanto, Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.


15. Sistem Menurut  Pilecki, Sistem adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.


16. Sistem Menurut J.C. Hinggins, adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.


17. Sistem Menurut Anatol Raporot, adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.


18. Sistem Menurut O’brien,  adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.


19. Sistem Menurut Bertalanffy,  adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.


20. Sistem Menurut Djekky R. Djoht, adalah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.


21. Sistem Menurut L. Ackof,  adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.


22. Sistem  Menurut Jogianto, adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


23. Sistem Menurut Azhar Susanto,  adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.


24. Sistem Menurut Zulkufli A.M., adalah himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.


25. Sistem Menurut Umar Fahmi Achmadi, adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam rangka waktu tertentu dan terencana.




25 DEFINISI ADMINISTRASI



1.    Administrasi secara Etimologis, berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad yang berarti intensif dan ministraire yang berarti to serve (melayani).

2.    Administrasi secara umum dalam kamus besar bahasa indonesia administrasi di artikan sebagai tata usaha. Di Indonesia pengertian administrasi secara umum dapat di tinjau dari 3 hal diataranya dari aspek institusi, fungsi dan prosesnya.
- di tinjau dari arti institutional adalah keseluruhan orang atau kelompok orang sebagai suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
- di tinjau dari arti fungsionil adalah segala kegiatan dan tindakan yang di lakukan untuk mencapai tujuan,termasuk di dalamnya tindakan untuk menentukan tindakan itu sendiri atau dengan kata lain melihat kedepan untuk pencapaian pada masa yang akan datang

-administrasi sebagai proses yaitu keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan,pemikiran-pemikiran,pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan samapai penyelangaraan sehingga tercapai suatu tujuan.

3.   3. Administrasi dalam arti luas, adalah Proses  penyelenggaraan kerja untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan Administrasi dalam arti sempit, adalah berasal dari kota administratie ( Belanda), yang diartikan sebagai suatu pekejaan yang berifat tvlis- menulis, biasanya disebut ketatausaahaan dan kesekretarisan

  1. Administrasi menurut Soewarno Handayaningrat, adalah kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dala arti yang sempit, menurutnya administrasi merupakan kegiatan catat mencatat atau pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan. 
  2. Administrasi menurut W.H. Evan, merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.
  3. Administrasi menurut Ulbert, merupakan istilah lain dari tata usaha dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis baik internal atau eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam memperoleh data baik sebagian maupun secara menyeluruh.
  4. Administrasi menurut George Terry, bahwa administrasi merupakan sebuah proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  5. Administrasi menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, merupakan salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai pelaksanaan pekerjaan kantoran secara efesien, dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.
  6. Administrasi menurut Arthur Grager, merupakan fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan pelayanan dalam sebuah organisasi.
  7. Administrasi menurut Sondang Siagian, ialah keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  8. Administrasi menurut The Liang Gie, merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok berkenaan dengan hubungan kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.
  9. Administrasi menurut Prof. Dr. H. Abdurachman (dalam teori pengembangan dan filosofi kepemimpinan kerja ), ialah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan untuk memperoleh tujuan pokok dari masyarakat dan anggota-angotanya
  10. Administrasi menurut Prof Dr. Pranjudi Admosudirjo, SH, ialah sebagai pengendalian dari pada suatu usaha,. Drs Safroedin bahar ,menurutnya administrasi adalah seluruh kegiatan-kegiatan atau proses penyelengaraan kegiatan usaha dalam setiap usaha kerjasama kelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
  11. Administrasi menurut Leonard D. White (dalam Introduction to Study of Public
    Administration), adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada
    semua usaha kelompok Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil dan sebagainya.
  12. Administrasi menurut Dwight Waldo, ialah sebagai suatu daya upaya manusia
    yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalitas yang tinggi.
  13. Administrasi menurut William H. Newman (dalam Administrative Action The Techniques of Organization and Management), ialah sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orong-orang ke arah pencapaian tujuan bersama.
  14. Administrasi menurut Munawardi Reksohadiprowiro, berarti tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapid an sistematis serta penentuan fakta-fakta serta tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya. 
  15. Administrasi menurut Wijana, adalah Rangkaian semua organ-organ Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalankan pemerintahan pelakanaan dan kepolisian.
  16. Administrasi menurut Simon, ialah sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama.
  17. Administrasi menurut FX. Soedjadi, ialah sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya).
  18. Administrasi menurut M/E Dimock Dan G.O Dimock, ialah suatu bagian dari administrasi umum yang mempunyai lapangan yang lebih luas, yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana lembaga – lembaga mulai dari suatu keluarga hingga perserikatan bangsa – bangsa disusun, digerakkan dan dikemudikan.
  19. Administrasi menurut Bachsan Mustafa, SH, adalah sebagai gabungan jabatan – jabatan yang dibentuk dan disusun secara bertingkat yang diserahi kepada badan – badan pembuat undang – undang dan badan – badan kehakuman.
  20. Administrasi Menurut Wilson 1987,  ialah sebagai ilmu Pemikiran tentang supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi itu timbul dari perbedaan fungsi antara politik dan administrasi, dan adanya asumsi tentang superioritas fungsi – fungsi politik administrasi.
  21. Administasi menurut M. Pfiffer dan Robert V, adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijaksanaan – kebijaksanaan pemerintah, pengarahan kecakapan dan teknik – teknik yang tidak terhingga jumlahnya, memberikan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.
  22. Administrasi menurut Richman dan Farmer ( 1994 : 14-15 ), adalah proses atau aplikasi rutin apa-apa yang talah direncanakan sebelumnya oleh para pengajar baik itu berupa aturan ataupun prosedur pelaksanaannya.


25   EFINISI ADMINISTRASI NEGARA

1.    Istilah Administrasi berasal dari bahasa Latin yaitu Administrare, yang artinya adalah setiap penyusunan keterangan yang dilakukan secara tertulis dan sistematis dengan maksud mendapatkan sesuatu ikhtisar keterangan itu dalam keseluruhan dan dalam hubungannya satu dengan yang lain. Namun tidak semua himpunan catatan yang lepas dapat dijadikan administrasi.

2.   Administrasi Negara menurut Pfiffner dan Presthus, Public administrastion is a procces concerned with carrying out public policies ( Administrasi Negara adalah suatu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijaksanaan negara).

3.   Administrasi Negara menurut Dimocks, Public Administration is the activity of the state in the exercise of its political power atau Administrasi negara adalah kegiatan negara dalam melaksanakan kekuasaan/wewenangan politiknya.

4.   Administrasi Negara menurut John M. Pfiffer dan Robert V, adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah pengarahan kecakapan dan tekhnik-tekhnik yang tidak terhingga jumlahnya, memberikan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.

5.    Administrasi Negara menurut Dwight Waldo, bahwa Administrasi negara mengandung dua pengertian yaitu:

a.    Administrasi negara yaitu organisasi dan manajemen dari manusia dan benda guna mencapai tujuan-tujuan pemerintah.

b.    Administrasi negara adalah suru seni tentang manajemen yang dipergunakan untuk mengatur urusan-urusan negara.

6.    Administrasi Negara menurut Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo, bahwa adalah bantuan penyelenggaraan dari pemerintah artinya pemerintah (pejabat) tidak dapat menunaikan tugas-tugas kewajibannya tanpa administrasi negara.

7.    Administrasi Negara Menurut Bachsan Mustafa, SH, adalah sebagai gabungan jabatan – jabatan yang dibentuk dan disusun secara bertingkat yang diserahi kepada badan – badan pembuat undang – undang dan badan – badan kehakuman.

8.    Administrasi Negara menurut John M. Pfiffer dan Robert V, adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijaksanaan – kebijaksanaan pemerintah, pengarahan kecakapan dan teknik – teknik yang tidak terhingga jumlahnya, memberikan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.

9.Administrasi Negara menurut Edward H. Litchfield dalam Notes on A General Theory of Administration, yang dikutif dan diterjemahkan oleh Inu Kencana dalam bukunya Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia menyatakan bahwa: “Administrasi negara adalah suatu studi mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemeintah diorganisasi, diperlengkapi dengan tenaga-tenaganya, dibiayai, digerakkan, dan dipimpin.” (Kencana, 2003:33).

10.  Administrasi Negara Arifin Abdulrachman, merupakan ilmu yang mempelajari pelaksanaan dari politik Negara.

11.  Administrasi Negara Menurut J. Wajong, adalah pada dasarnya merencanakan dan merumuskan kebijaksanaan politik, kemudian melaksanakannya dan menyelenggarakannya.

12.  Administrasi Negara menurut F. A. Nigro, mempunyai peranan penting dalam merumuskan kebijaksanaan pemerintah dan merupakan bagian dari proses politik.

13.  Adminstrasi Negara menurut Liang Gie dalam Ali Mufiz (2004:1.4), bahwa Administrasi adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

14.  Administrasi Negara disimpulkan Oleh Felix A. Nigro dan Lloyd G. Nigro (1977:18) adalah:

1.       usaha kelompok yang bersifat kooperatif yang diselenggarakan dalam satu lingkungan public

2.       meliputi seluruh cabang pemerintahan serta merupakan pertalian diantara cabang pemerintahan (eksekutif, yudikatif, dan legislatif).

3.       Mempunyai peranan penting dalam perumusan kebijaksanaan publik (public policy) dan merupakan bagian dari proses politik

4.       Amat berbeda dengan administrasi privat

5.       Berhubungan erat dengan kelompok-kelompok privat dan individual dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

15.  Administrasi Negara menurut C.S.T. Kansil (1985:2) adalah sebagai berikut:

1.    Sebagai aparatur negara, aparatur pemerintahan, atau istansi politik (kenegaraan) artinya meliputi organ yang berada di bawah pemerintah, mulai dari presiden, menteri, termasuk gubernur, bupati/walikota (semua organ yang menjalankan administrasi negara).

2.    Sebagai fungsi atau sebagai aktivitas, yakni sebagai kegiatan mengurus kepentingan Negara.

3.    Sebagai proses teknis penyelenggaraan undang-undang, artinya meliputi segala tindakan aparatur negara dalam menjalankan undang-undang.

16.  Administrasi Negara menurut Pratikno, bahwaAdministrasi Negara memberikan konstatasi yang sama. Saat ini negara banyak menghadapi pesaing-pesaing baru yang siap menjalankan fungsi negara, terutama pelayanan publik, secara lebih efektif. Selain pelayanan publik, dalam bidang pembangunan ekonomi dan sosial, negara juga harus menegosiasikan kepentingannya dengan aktor-aktor yang lain, yaitu pelaku bisnis dan kalangan civil society (masyarakat sipil).

17.  Administrasi Negara menurut Agus dwiyanto (2007), bahwa lembaga pemerintah mengembangkan nilai-nilai dan praktik yang berbeda dengan yang berkembang di swasta (pasar) dan organisasi sukarela.

18.  Administrasi Negara menurut Prof supomo (2004), ialah bagian dari keseluruhan lembagaa-lembaga dan badan-badan dalam pemerintahan Negara sebagai bagian dari pemerintah eksekutif baik di pusat maupun di daearah. yang tugas kegaiatannya terutama melaksanakan kebijakan pemerintah (PublicPolucy). Kepentingan masyarakat merupakan titik perhatian dari administrasi Negara.

19.  Administrasi Negara menurut Ali Mufiz (2004), bahwa Administrasi Negara suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga dengan demikian Ilmu Administrasi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari proses, kegiatan dan dinamika kerjasama manusia.

20.  Administrasi Negara menurut Harbani Pasolong (2003), adalah pekerjaan terencana yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan atas dasar efektif, efisien, dan rasional.”



                       


No comments:

Post a Comment