Monday, October 21, 2013

MAAG ATAU DISPEPSIA




            Maag atau radang lambung atau tukak lambung atau dalam bahasa medis disebut gastritis atau dispepsia yang merupakan gangguan suatu penyakit yang menyerang salah satu organ pencernaan yang sangat vital bagi tubuh yakni lambung. Sakit maag yang disebabkan oleh adanya luka atau infeksi pada lambung hingga menyebabkan peradangan pada lambung yang kemudian timbul rasa perih, sakit, mulas pada perut dsb.

Sakit maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh lambung dalam memproduksi asam lambung secara berlebihan sehingga menyebabkan infeksi di selaput lendir lambung. Dalam keadaan normal, asam lambung berfungsi untuk membantu proses pencernaan dalam mengolah makanan yang kita konsumsi. Apabila produksi asam di lambung terus meningkatkan produksinya lebih dari yang dibutuhkan yang disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak teratur. Pada penderita maag umumnya akan merasakan rasa tidak nyaman di daerah ulu hati kemudian timbul rasa nyeri, perih, mual, kembung, rasa cepat kenyang, terkadang muntah-muntah karena rasa asam lambung kemudian terasa di tukak leher hingga lidah yang membuat rasa mual itu timbul.
Bila maag yang ditandai gejala tersebut sering timbul rasa nyeri hingga terasa ke tubuh bagian belakang kemudian akan naik hingga ke ulu hati. Pada sebagian orang bila gejala tersebut sudah dirasakan akan menyebabkan rasa sesak napas karena menahan sakit. Bila sakit maag sudah meningkat hingga stadium lanjut akan berakibat fatal pada kanker lambung atau liver yang gejalanya juga disebabkan karena sakit maag. Dalam ilmu kedokteran sakit maag disebut sebagai Dispepsia atau Gastritis.
 Maag disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
  1. Selalu melanggar pantangan yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi.
  2. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Banyak dari penderita sakit maag selalu makan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur. Padahal mereka sebenarnya sudah tahu prilaku yang seperti itu bisa menyebabkan penyakit maag semakin parah. 
  3. Kurang mengonsumsi serat, serat sangatlah penting bagi pencernaan. Pada penderita sakit maag biasanya banyak kekurangan serat. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran.
  4. Sudah ada luka pada dinding lambung, jika pantangan, pola makan selalu terjaga ada hal lain yang bisa menyebabkan sakit maag tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh, yaitu sudah ada luka pada dinding lambung. Untuk mengetahui ada luka pada dinding lambung biasanya medis menyarankan (endoskopi). Selama luka pada dinding lambung belum sembuh maka penyakit maag pasti akan selalu kambuh. Obat-obatan yang banyak beredar di pasaran kebanyakan hanya menguragi rasa sakitnya saja tapi tidak bisa menyembuhkan luka pada dinding lambung. 
  5. Bakteri penyebab sakit maag, pada sebagian penderita sakit maag di sebabkan oleh bakteri. Untuk menyembuhkannya haruslah menggunakan obat anti bakteri yang tepat. Jika bakteri belum di basmi maka sakit maag pasti akan selalu kambuh
Tidak bisa di pungkiri jenis asupan makanan yang kita konsumsi akan langsung berdampak pada lambung kita, nah Jika Anda ingin terhindar dari sakit maag dan juga ingin supaya sakit maagnya bisa cepat sembuh hindarilah pantangan-pantangan yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Yang harus dihindari adalah adalah:
  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas
    seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda
  • Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung
    seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus
  • Hindari makanan yg sulit dicerna
    yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju
  • Hindari makanan yg merusak dinding lambung
    seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah
    seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Hindari beberapa sumber karbohidrat
    seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol
INGAT, KESEHATAN ITU MAHAL !


No comments:

Post a Comment